Ayo..! Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Anda

makassar, bplh, pemkot, kendraan bermotorHari ini, ada yg berbeda di jl. Urip Sumoharjo Makassar, tepatnya di depan kantor gubernur Makassar. Sebab di pinggir jalan terdapat beberapa tenda dan mobil-mobil yang sedang terparkir. Ternyata ada ada kegiatan “uji emisi GRATIS” yang digelar oleh pemerintah kota Makassar. Jika ada yang belum tau tentang apa itu uji emisi, mungkin informasi di bawah ini bisa bermanfaat buat anda.

Uji emisi adalah mengukur emisi gas buang dari kendaraan bermotor (mesin bensin maupun diesel) dengan menggunakan alat khusus yang sering disebut Gas Analyzer. Dalam mendukung usaha pelestarian lingkungan hidup, negara-negara di dunia mulai menyadari bahwa gas buang kendaraan merupakan salah satu polutan atau sumber pencemaran udara terbesar oleh karena itu, gas buang kendaraan harus dibuat “sebersih” mungkin agar tidak mencemari udara.

Namun keuntungan dari emisi yang baik tidak hanya untuk lingkungan, tetapi juga untuk kendaraan itu sendiri. Kendaraan menjadi efisien, bertenaga dan hemat BBM.

1. Jumlah kendaraan bermotor yang terus bertambah.

Data kendaraan yang beroperasi di Kota Makassar berdasarkan data dari Polwiltabes Kota Makassar tahun 2008 adalah sepeda motor sebanyak 360.122 unit ( 75,80%), mobil penumpang (angkutan umum) sebanyak 77.319 unit (16,27%), mobil barang sebanyak 26.797 unit (5,64%), kendaraan khusus sebanyak 71 unit (0,01%). Berdasarkan data tersebut, kendaraan roda dua atau sepeda motor memiliki jumlah yang cukup dominan yaitu 360.122 unit (75,80%). Sedangkan panjang jalan berdasarkan data dari dinas pekerjaan umum Kota Makassar adalah 1593,46 Km. Panjang jalan itu, terdiri dari jalan nasional sepanjang 45,29 Km dan jalan kota sepanjang 1548,17 Km dengan kondisi jalan rata-rata baik. Sementara itu, pertumbuhan panjang jalan sebesar 1-35 per tahun.

2. Meningkatnya Polusi Udara

Secara umum, terdapat 2 sumber pencemaran udara, yaitu pencemaran akibat sumber alamiah (natural sources), seperti letusan gunung berapi, dan yang berasal dari kegiatan manusia (anthropogenic sources), seperti yang berasal dari transportasi, emisi pabrik, dan lain-lain. Di Indonesia, kurang lebih 70% pencemaran udara disebabkan oleh emisi kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor mengeluarkan zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan dampak negatif, baik terhadap kesehatan manusia maupun  terhadap lingkungan, seperti timbal/timah hitam (Pb), suspended particulate matter (SPM), oksida nitrogen (NOx), hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO), dan oksida fotokimia (Ox). Kendaraan bermotor menyumbang hampir 100% timbal, 13-44% suspended particulate matter (SPM), 71-89% hidrokarbon, 34-73% NOx, dan hampir seluruh karbon monoksida (CO) ke udara Jakarta.  Sumber utama debu berasal dari pembakaran sampah rumah tangga, di mana mencakup 41% dari sumber debu di Jakarta. Sektor industri merupakan sumber utama dari sulfur dioksida. Di tempat-tempat padat di Jakarta konsentrasi timbal bisa 100 kali dari ambang batas.

Tahun 1999, konsumsi premium untuk transportasi mencapai 11.515.401 kilo liter [Statistik Perminyakan Indonesia, Laporan Tahunan 1999 Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi]. Dalam setiap liter premium yang diproduksi, terkandung timbal (Pb) sebesar 0,45 gram sehingga jumlah Pb yang terlepas ke udara total sebesar 5.181,930 ton.  Dengan pertumbuhan penjualan mobil dan sepeda motor sebesar 300% dan 50% diperkirakan tahun 2001 polusi akibat timbal (Pb) meningkat.

Diketahui, gas-gas rumah kaca (green house gas) seperti CO 2 , CH 4 , N 2 O, HFCS, PFCS, SF 6 telah meningkat secara dramatis belakangan ini. CO 2 misalnya sebagai salah satu emisi rumah kaca menunjukkan jumlah di atmosfer telah meningkat secara drastic dalam beberapa decade terakhir. Penyebabnya tiada lain adalah tingginya penggunaan bahan bakar fosil seperti pemakaian bahan bakar minyak pada kendaraan bermotor,menempatkan CO 2 sebagai gas yang paling berperanan dalam mendorong terjadinya pemanasan global.

makassar, uji emisi, makassar, pemkotBerdasarkan studi Bank Dunia tahun 1994, pencemaran udara merupakan pembunuh kedua bagi anak balita di Jakarta, 14% bagi seluruh kematian balita seluruh Indonesia dan 6% bagi seluruh angka kematian penduduk Indonesia. Jakarta sendiri adalah kota dengan kualitas terburuk ketiga di dunia.

Dampak terhadap kesehatan yang disebabkan oleh pencemaran udara akan terakumulasi dari hari ke hari. Pemaparan dalam jangka waktu lama akan berakibat pada berbagai gangguan kesehatan, seperti bronchitis, emphysema, dan kanker paru-paru. Dampak kesehatan yang diakibatkan oleh pencemaran udara berbeda-beda antarindividu. Populasi yang paling rentan adalah kelompok individu berusia lanjut dan balita. Menurut penelitian di Amerika Serikat, kelompok balita mempunyai kerentanan enam kali lebih besar dibandingkan orang dewasa. Kelompok balita lebih rentan karena mereka lebih aktif dan dengan demikian menghirup udara lebih banyak, sehingga mereka lebih banyak menghirup zat-zat pencemar.

3. Gangguan kesehatan

Akibat paling buruk pada lingkungan adalah terjadinya perubahan suhu secara global (global warming). Radiasi sinar ultraviolet juga akan berpengaruh pada kesehatan manusia. Seperti timbulnya penyakit kanker kulit, katarak, dan pelemahan sistem daya tahan tubuh.
Saat ini lapisan ozon terus mengalami penipisan karena banyak terdapatnya zat-zat pencemar udara yang beredar di atmosfer. Zat- zat pencemar udara yang sangat berperan dalam proses penipisan lapisan ozon dikenal dengan ODS (Ozone Depleting Substances) diantaranya; Chlorofluorocarbons (CFCs), Hydrochlorofluorocarbons (HCFCs), Halons, Methyl Bromide, Carbon Tetrachloride, dan Methyl Chloroform.

Mengenai kandungan-kandungan yang berbahaya dalam emisi gas buang kendaraan bermotor, yaitu sebagai berikut:

  • CO (Karbon monoksida)
  • HC (Hidrokarbon)
  • NOx (Nitrogen Oksida)
  • So (Sulfur Oksida)
  • Pb (Timbal)
  • Pm (Debu atau partikel halus)

Semua zat-zat tersebut akan menjadi sangat berbahaya ketika ‘dikonsumsi’ dengan jumlah yang berlebihan. Baku mutu emisi kendaraan bermotor sudah diatur pada keputusan menteri lingkungan hidup no.35 tahun 1993, atau bisa juga dilihat diMEB (Mitra Emisi Bersih).

Oleh karena itu, ayo kita uji emisi gas buang kendaraan kita untuk kebaikan kita dan anak cucu kita nantinya.. Adapun untuk lebih detailnya mengenai gas-gas yang dapat diketahui dari uji emisi dapat dibaca di sini..

Iklan

3 thoughts on “Ayo..! Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s