Galileo Galilei

fisika, tokoh, ilmuwan, heliosentris,Pena yang digunakan Galileo untuk menulis pikiran cerdasnya tentang sains telah lama hilang ditelan bumi. Tapi, goresan tinta yang ditorehkan dalam buku-bukunya pada waktu itu cukup mengejutkan dunia sains. Tak salah jika ia telah merintis pranata sains modern yang melandaskan logika serta metode eksperimen. Itulah yang menghantarkan Galileo, selain dikenal sebgai filsuf dan matematikawan, juga oleh Albert Enstein dijuluki oleh bapak fisika modern.

Kekuasaan gereja (dibawah kekuasaan Paus Urbanus VIII) telah murka berat lantaran ia dengan lantang menyuarakan sebuah pandangan yang pada waktu itu bertentangan dengan pandangan masyarakat, khususnya para agamawan, yaitu dengan mendukung teori Copernicus bahwa matahari adalah pusat alam semesta dan bumi berputar mengelilingi matahari, yang dianggap bertentangan dengan kitab suci. Dimata sejumlah pejabat tinggi Dinas Inkuisisi Gereja Katolik, ia “dipandang” pembangkang, lalu dijatuhi hukuman karena jika “dibiarkan” akan merusak keimanan kaum awam.

Galileo Galilei dilahirkan di Pisa 15 Februari 1564, dari pasangan Vincecio Galileo dan Giulia Ammannati. Galileo memang seseorang yang berotak cemerlang, tabah, dan berani. Sifat pemberani itulah yang diwarisi dari sang ayah, yang dikenal sebagai komponis dan ahli musik. Sebab ayahnya menulis buku Dialogue An-cient an Modern Music yang dimaksudkan untuk menentang mantan gurunya. Publikasi buku ini lebih cenderung pada penataan yang memilih “keindahan bunyi alat musik” daripada aturan kuno yang keras dengan hubungan ketat antarnada.

Tak salah jika Galileo yang gandrung di bidang matematika pernah ngotot ketika sang ayah memaksanya untuk masuk ke jurusan kedokteran du Universitas Pisa. Kendatipun Galileo akhirnya menuruti kehendak sang ayah, namun setelah belajar empat tahun ia meninggalkan sisa matakuliah dan “tidak menggondol” gelar sarjana. Tapi minatnya terhadap matematika tak pernah padam. Sesampainya ke rumah, ia menulis makalah geometri dan memberi kuliah umum di Akademi Florentina. Bakat dan kecerdasannya terus menjulang dan itu membuat pintu baginya untuk jadi pengajar di Universitas Pisa dan beberapa tahun kemudian di Padua.

tokoh, ilmuwan, fisikan, bapak fisika modern, heliosentrisBukanlah Galileo jika tak usil untuk bergeming melihat langit, ketika hasrat kuatnya untuk menguak semesta belum terpuaskan. Apalagi dibantu alat teropong, ia bisa menemukan sejumlah ketakjuban dan pada tahun 1610 ia berhasil menemukan sejumlah bulan-bulan yupiter dan menyumbang materi untuk buku The Satarry Messenger. Teori Nicolaus Copernicus (1473-1543) dalam On the Revolusions of the Ceestical Orbs semakin membuatnya tak berpaling untuk meyakini matahari adalah pusat alam semesta. Sehingga pada tahun 1616 ia menulis The Theory oh the Tides tentang gerak pasang surut yang diyakini bisa membuktikan kebenaran teori heliosentris.

Tapi, apa yang terjadi? Alih-alih ia mendapat sambutan baik, malahan pihak gereja menegur dan mengeluarkan dekrit menentang teori Copernicus. Karena tak bisa berbuat apa-apa, sempat membuatnya ciut. Tapi keyakinan atas kebenaran sains tak membuat ia bungkam untuk selamanya. Puncaknya, setelah menemukan sejumlah bukti dan teori yang dianggap lebih kuat, pada tahun 1632 ia menulis buku Dialoque Concerning the two Shief World Systems. Seperti buku-buku Galileo sebelumnya, buku inipun mengundang decak kagum. Tatapi Dinas Suci Inkusisi merasa terganggu dan berkewajiban memanggil Galileo untuk diadili. Akhirnya, ia dijatuhi hukuman rumah, dicap pemberontak dan bahkan dianggap melecehkan kitab suci karena membuka pintu pemisahan antara ilmu pengetahuan dan agama.

 

Tulisan terkait

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s