Hubungan Kecerdasan dan Kesuksesan

Cobalah anda bertanya kepada orang awam mengenai kecerdasan dan kesuksesan seseorang. Banyak diantara mereka, mungkin juga anda akan mengira bahwa dua hal ini saling berkaitan. Namun para ahli mengatakan bahwa tidak ada pengaruh yang besar antara kecerdasan dengan kesuksesan seseorang. lho..kok,?? Ya, itu adalah kenyataan yang banyak terjadi di dengan orang-orang disekitar kita.

Sebelum kita melangkah lebih jauh nun jauh disana, ada baiknya kita samakan persepsi terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kecerdasan dan kesuksesan itu.

Kecerdasan ialah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. (Wikipedia.org)

Sedangkan menurut kamus besar Bahasa Indonesia, cerdas berarti sempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti, dsb).

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa kecerdasan berhubungan dengan kemampuan berpikir seseorang.

Lalu apa arti dari kesuksesan itu??

Menurut KBBI, sukses berarti berhasil; beruntung.

Sukses adalah ketika kita berhasil mendapat untung sebanyak-banyaknya. (Pedagang)

Sukses adalah ketika kita dapat mensejahterakan rakyatnya. (Pemimpin)

Sukses adalah …. (Hendragalus)

Sukses adalah…. (Anda)

Jadi, kesimpulannya definisi sukses setiap orang itu berbeda-beda.. Intinya, kesuksesan diukur dari apa yang anda rencanakan.

sukses, cerdas, berhasil

Intelegent Quotient (IQ) merupakan takaran untuk kecerdasan seseorang. Jika ini dikaitkan dengan kesuksesan, bagaimana nasib kita dan anda (maaf) yang dengan tingkat IQ biasa-biasa atau IPK standar bahkan di bawah standar…???? Apakah kita tidak berhak untuk meraik kesuksesan?? Padahal setiap orang memiliki  hak yang sama untuk sukses. Mengutip dari kata Pak Andrie Wongso, “Kesuksesan adalah hak saya,hak anda, dan hak semua orang”.

Apakah anda mengenal orang yang saya sebutkan di atas?? Jika anda mencari di google “motivator no.1 di Indonesia” maka nama yang akan muncul paling atas adalah beliau ini, Andrie Wongso. Do you know it..!! nah, pertanyaannya sekarang apakah beliau uang yang sukses? Kebanyakan orang akan berkata “tentu”, jika ada yang berkata tidak, itu karena ia mengukur kesuksesannya dengan ukurannya. Tapi apakah anda tau, beliau adalah satu-satunya orang yang memiliki gelar SDTT,TBS. lho..gelar apa tu?? itu adalah singkatan dari Sekolah Dasar Tidak Tamat, Tapi  Bisa Sukses). Ya…beliau tidak tamat Sekolah Dasar. Apakah dia cerdas? Apa dia memiliki IQ yang tinggi??

Itu baru satu contoh, tenang.. Masih banyak contoh yang akan saya berikan.. Siap!!

Apakah anda mengenal Adam Malik (Diplomat Indonesia), AA. Gym (Da’i dan Memiliki 7 Perusahaan) , Bill Gates (Pendiri Perusahaan Windows), Thomas A. Edison (Penemu Lampu), Benjamin Franklin (Banyak), Walt Disney, Colonel Sanders (pendiri KFC), hendragalus (pemilik blog ini) dan masih banyak lagi..  Jika anda menelusuri riwayat pendidikannya, anda akan mendapati bahwa rata-rata mereka tidak berpestasi dan IQ yang tinggi.

Jadi jika anda ingin sukses tidak perlu lulus sekolah.. hehehe.. JANGAN.. Sekolah juga penting,, ya..itung-itung sebagai latihan otak, dan memperluas wawasan.. Kalau mereka saja yang tidak lulus pendidikan bisa sukses, apalagi kita yang sudah sarjana. (Saya belum loh)..

IQ, kecerdasan intelektual, EQ, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, sukses,Menurut psikolog Daniel Goleman, IQ hanya memberikan kontribusi sekita 5-10 % bagi kesuksesan hidup seseorang. Sisanya adalah kombinasi berbagai faktor yang salah satunya adalah EQ (Kecerdasan emosi) seperti empati, motivasidiri, berfikir positif, pengendalian diri, dan kerjasama sosial. Tidak pula ketinggalan adalah kecerdasan spriritual. Ketulusan, niat, integritas, tanpa pambrih, rendah hati, tidak sombong, merupakan aspek yang memberikan kepuasan total atas kesuksesan seseorang.

Salam sukses

Iklan

7 thoughts on “Hubungan Kecerdasan dan Kesuksesan

  1. Yups mantul, sukses seseorang kalau menurut saya juga memang berbeda-beda dilihat dari sudut pandang manapun karena beda prespektif beda pula jawaban, beda orang beda pula citanya dan kesuksesan adalah cipta dari cita seseorang. Btw tipsnya top markotob neh.

    • Kembali lagi kesuksesan yg dimaksud apa mas. Jika kesuksesan itu dipandang sebagai kesuksesan akademis, ini jelas iya.tapi dalam kesuksesan hidup,ini belum tentu.
      Seperti yg telah saya paparkan di atas, masih banyak fator lain yang jauh lebih besar pengaruhnya terhadap kesuksesan dalam hidup..
      (ini menurut sepengatahuan saya lho..),

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s