Sistem Termodinamika

Sistem adalah sejumlah zat yang dibatasi oleh dinding tertutup. Yang dimaksud dengan zat disini dapat berupa zat padat, cair atau gas, dapat pula dwikutub magnet, tenaga radiasi, foton, dll. Dinding yang dibatasi sistem itu boleh nyata, dan boleh pula khayal. Lagipula bersama dengan sistem yang dibatasinya, tidak perlu memiliki bentuk dan volume yang tetap.

Ada tiga jenis sistem berdasarkan jenis pertukaran yang terjadi antara sistem dan lingkungan:

1. Sistem terisolasi : tak terjadi pertukaran panas, zat atau kerja dengan lingkungan. Contoh dari sistem terisolasi adalah wadah terisolasi, seperti tabung gas terisolasi atau termos air panar.

2. Sistem tertutup : terjadi pertukaran energi (panas dan kerja) tetapi tidak terjadi pertukaran zat dengan lingkungan. Air pada gelas tertutup merupakan salah satu contoh sistem tertutup. Dimana terjadi pertukaran panas dan kerja tetapi tidak terjadi pertukaran zat dengan lingkungan.

3. Sistem terbuka : terjadi pertukaran energi (panas dan kerja) dan zat dengan lingkungannya. Sebuah pembatas memperbolehkan pertukaran benda disebut permeabel. Contohnya air pada gelas yag terbuka.

Lingkungan dari suatu sistem adalah semua sistem lain yang dapat saling bertukar tenaga dengan sistem tersebut. Sedang suatu sistem bersama lingkungannya disebut semesta (unversal).

Iklan

One thought on “Sistem Termodinamika

  1. Ping-balik: Hukum Kedua Termodinamika | Hendra Galus | Catatan kuliah jie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s